Sabtu, 01 Agustus 2015

Perjalanan Weekend Dari Jakarta Ke Situs Gunung Padang Cianjur by Suetoclub




Salam Wild Life!Perjalanan kali ini Maret 2013 dimulai lagi….Yup berawal dari keinginan untuk mengisi liburan saya di Ibu kota Jakarta. Kalau di Jakarta tak sekalian jalan-jalan itu ya mubazir dong. Oleh karena itu saya kali ini memilih destinasi touring akhir weekend. Sebenarnya ada beberapa tempat yang akan dituju tapi karena keterbatasan waktu dan transport akhirnya saya pilih yang bisa di tuju saja sekalian mengilhami jalan yang ada.
Pada akhirnya terpilih Situs Gunung Padang yang ada di kabupaten Cianjur untuk dijadikan tempat tujuan tour. Sebenarnya saat di Jakarta saya tinggal di Pondok Gede tapi kali saya berangkat minggu pagi  dari Kemayoran karena malam mingguan di daerah situ.
Paginya saya langsung berangkat sekitar jam 6 kurang dari Kemayoran-Cibubur-Cileungsi-Cianjur kurang lebih sekitar 120km perjalanan melewati daerah pegunungan yang udara paginya sejuk. Kalau ada point yang bagus langsung berhenti untuk mendokumentasikan.
Berikut foto-foto perjalanan arah Cianjur lewat mande :





Setelahnya sampai kota Cianjur saya istirahat sebentar sambil menentukan track yang akan diambil untuk menuju situs Gunung Padang. Berikut tracknya Cianjur pilih arah ke selatan arah pantai sindangbarang ikuti saja arah ke Cibeber terus menuju Cempaka nah nanti diantara jalan ini ada plakat arah situs Gunung Padang. Sebenarnya ada track yang lebih mudah yaitu dari Cianjur kota Menuju waru Kondang arah Sukabumi nanti dipinggir jalan ada plakatnya juga situs Gunung Padang tapi pada akhirnya pulang saya juga keluar di track ini kok ternyata.
Jalanan yang saya lalui :


Saya pilih track arah cibeber karena tracknya lebih extreme saja, tanjakan berbatu tapi melewati pemandangan kebun teh yang bagus meskipun waktu itu saya sempat tersesat selama satu jam karena banyak pilihan jalan pintas di track ini. Tetapi anda harus sering tanya jika meliwati jalur ini supaya tidak tersesat. Selama 1 jam saya keliling-keliling komplek perkebunan teh dengan jalan yang tidak layak dilalui oleh motor matic hehehehe….Akhirnya dengan susah payah dan tanya-tanya warga sekitar tembus juga ke jalanan kecil aspal bagus arah situs Gunung Padang.
Sedikit foto area perkebunan teh :





Prediksi hari udah agak siang dan mendung sudah menandakan akan hujan. Langkahkupun kian cepat untuk menelusuri kawasan wisata Gunung Padang. Sesampainya disana memang tempat ini sudah sangat ramai pengunjung sedikit diluar prediksi, kemudian membayar tiket masuk dan melewati tanjakan yang lumayan curam meskipun jaraknya tak jauh untuk mencapai ke atas. Untuk layout dan sejarahnya  pembaca sekalian bisa melihat gambar di bawah ini :

Situs Gunungpadang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan WarungKondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks “bangunan” kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.


Untuk info linknya mampir aja disini :
[sunting]
^ a b Situs Peninggalan Zaman Megalitikum di Gunung Padang Kian Terbengkalai. kapanlagi.com Edisi 08 September 2005
^ a b Jafar M. Sidik. Menerawangi “Indonesia Tua” di Gunung Padang. Antara daring. Edisi 17 September 2009
^ Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir Musical Tradition in Megalithic Site of Indonesian Gunung Padang?
^ “Paparan Tim Katastrofi Purba”. Sekretariat Negara, 7 Februari 2012
^ Situs Gunung Padang Diteliti Lebih Dalam National Geographic, 20 Maret 2012
^ “Mimpi Nobel Andi Arief untuk Gunung Padang”. Tempo. 27 Agustus 2012
^ Padang Mountain and Its Megalithic Stones CNN,26 April 2012
^ “Situs Gunung Padang Lebih Tua dari Piramida Giza”. November 3, 2012.
^ U.S. Lab Validates Indonesian Ancient Structure Theory Xinhua.net, November 5, 2012
^ “Laporan Resmi: Situs Gunung Padang Punya 100 Undakan dan Luasnya 25 Hektar”. June 27, 2012.
^ “Tim Terpadu Riset Mandiri: Gunung Padang Truly Extraordinary”. June 28, 2012.
^ Batu Beraksara Di Situs Gunung Padang detik.com 5 Mei 2012
^ Budi Brahmantyo. Keagungan Situs Megalitik Gunung Padang. Pikiran Rakyat. Edisi 20 Januari 2006.
^ “Situs Gunung Padang Diteliti Lebih Dalam”. National Geographic, 24 Maret 2012
^ “Rupa Misterius Situs Gunung Padang Segera Terkuak”. detik.com, 12 Desember 2012
^ Ancient Indonesian structures are man-made: researchers ABC Radio Australia, April 9, 2013
^ “Konstruksi Gunung Padang Dirancang Arsitek Purba Ulung”. National Geographic, 24 Januari 2013
^ Discovery of Ancient Sites in Java, Indonesia from 10.000 BC Indian Defence, April 3, 2013
^ “Gunung Padang, Mahakarya Peradaban yang Hilang”. vivanews.com, 3 April 2013
http://www.rmol.co/read/2013/04/26/108065/Tiga-Presiden-Indonesia-Pernah-Kunjungi-Situs-Gunung-Padang-

Akhirnya sampai juga dan langsung segera mendokumentasikan area wisata situs Gunung Padang ini sambil sekalian istirahat sejenak wuih karena perjalanannya extreme gara-gara blusukan ke kebun teh..terus melihat kegiatan rohani orang-orang sekitar di situs gunung padang ini terus akhirnya hujan pun datang dan segeralah saya pulang menuju ke Jakarta sambil hujan-hujan. Pulangnya arah Jakarta saya memilih track Cianjur-Puncak-Bogor-Jakarta dengan arah keluar dari situs di arah sebaliknya karena jalannya lebih bagus lewat arah jalan Cianjur-Sukabumi tembus WaruKondang sekitar jam 3 dan ternyata ban bocor depan-belakang akhirnya cari bengkel kemudian langsung dilanjutkan menuju jalanan Puncak-Bogor-Cibinong-Jkt dengan hujan yang merata saat itu kondisi jalanan yang macet maklum hari libur  dan alhasil selamat sampai Pondok Gede sekitar jam 8 malam weh perjalanan pulang yang sungguh melelahkan haha…



Mudah-mudahan bisa lanjut touring lagi ketempat berikutnya, salam wildlife!
Silahkan dilihat foto-fotonya :

Pemandangan malam jakarta sebelum berangkat paginya ke cianjur