Selasa, 23 Juni 2015

Leukimia





Leukimia

Leukimia adalah salah satu penyakit ganas , masuk dalam kategori “Kanker”.
Leukimia termasuk dalam kanker darah , itu terjadi pada sel-sel darah putih. sel darah putih di dalam tubuh manusia yang di produksi oleh sum-sum tulang belakang dengan nama lain Bone Marrow.
Sum-sum tulang atau Bone Marrow ini didalam tubuh manusia memproduksi tiga type sel darah yang diantaranya adalah sel darah putih, sel darah merah, dan platelet.


  • Sel darah putih berfungsi sebagai sistem imun (daya tahan tubuh) manusia terhadap infeksi.
  • Sel darah merah berfungsi membawa oksigen ke dalam tubuh, dan,
  • Platelet yaitu bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah.


Leukimia umumnya muncul di usia dini pada seseorang, dimana sum-sum tulang tanpa diketahui jelas penyebabnya memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal. Sel darah putih di produksi secara berlebihan dan tidak terkontrol.
Umumnya seseorang yang terkena penyakit Leukimia menunjukan gejala :


  • Mudah terkena penyakit infeksi
  • Anemia
  • Pendarahan.





Leukimia terdapat dua type yaitu Leukimia Akut dan Leukimia Kronis.
Leukimia Akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat prosesnya dibandingkan dengan leukimia kronis. Apabila tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan minggu bahkan dalam hitungan hari.

Sedangkan Leukimia Kronis memiliki perjalanan yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari satu tahun dan masih ada harapan untuk sembuh meskipun sangat kecil.

Sampai saat ini belum ditemukan penyebab utama Leukimia, tetapi ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya Leukimia pada manusia, diantaranya adalah :


  1. Radiasi. radiasi radiologi pada pegawai Radiologi lebih sering terjadi serta radiasi bom atom (contoh: yang terjadi di Heroshima dan Nagasaki)
  2. Leukemogenik. beberapa zat kimia diindentifikasi dapat mempengaruhi terjadinya Leukimia . sebagai contoh dilingkungan sekeliling kita sendiri seperti benzena, bahan kimia industri spserti insektisida dan obat-obatan yang digunakan untuk kemoterapi.
  3.  Herediter. pada umumnya penderita Down Syndrom 20% lebih besar terkena Leukimia daripada orang normal.
  4. Virus. ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan Leukimia antara lain : retrovirus, virus leukimia feline, HTLV-1 pada dewasa.

Diposkan oleh dzulfikar ghassani di http://dzulfikarg.blogspot.com/2013/01/leukimia-adalah-salah-satu-penyakit.html