Senin, 29 Juni 2015

Bajulmati Pantai Selatan Malang(SUETO)





Perjalanan menyusuri pantai selatan bermula saat saya sebagai Tom seorang diri kesasar waktu perjalanan mencari pantai Sendang Biru. Alhasil saya pun menemukan pantai Sendang Biru dan menemukan pantai2 selatan Malang yang ternyata bagus-bagus, indah dan masih alami. Dengan berbekal pengalaman saya pun mengajak tim SUETO menyusuri pantai Malang satu persatu karena objek pantainya pun banyak. Saat ini kita akan bertolak mengunjungi salah satu pantai Malang yang Bernama Bajulmati Beach. Pantai Bajulmati terletak di Kecamatan Gedangan, kira-kira sekitar 58 Km ke arah selatan dari kota Malang. Apabila sobat-sobat semua ingin bepergian ke Pantai Bajulmati ini lebih enak apabila lewat Turen, terus lurus ke Sumbermanjing Wetan nanti lurus menuju arah Sendang Biru sebelum itu ada pertigaan dan plakat Bajulmati belok kanan.

Berawal sebuah rencana Juni 2010 mengisi waktu senggang liburan akhirnya terpilihlah pantai Bajulmati. Rencana awal sebenarnya kita berangkat jam 7pagi tapi apa daya ada sedikit kendala dengan manusia palink akhir di Sueto kami pun berangkat dari rumah kindy pepelegi waru SDA jam 10 beranggotakan Tom dan Marta, Hilmy, Sando, Enggar, Cmen. Perjalanan ke Malang pun kita lalui jalan memutar yaitu dari Waru-Krian-Mojosari-Pandaan-Malang soalnya kami pikir jam segitu jalur porong semburan lumpur udah macet ha2. Kemudian berangkat ke Malang tepatnya Kepanjen untuk menyusul satu personel lagi yaitu Nisa yang lagi ngekos karena ada KP. Alhasil sudah sekitar jam1an kita nyampe pop bensin pertigaan Turen hal yang dilakukan. mengisi bensin, sholat, makan(rencananya mau beli makan tapi nanti kelamaan)Setelah itu lansung cabut Bajulmati dech..jam setengah 4 pun kita sampai Bajulmati melewati jalan  bagus tapi naik turun juga bukit2 indah seperti di Vietnam(kebanyakan nonton Rambo) membuat orang2 seperti Hilmy, Cmen, Enggar dan Sando yang duduk dibelakang mobil mual(karena nyetirnya memang cepat). Setelah sampai pantai kebetulan daerah pantai masih panas karena memang pantai Bajulmati pantai yang terbetang luas ke barat sepanjang 3km garis pasir pantainya lebar jadi seperti kute Bali tapi masi lebih alami Bajulmati karena memang sepi pengunjung mungkin hanya ada penjual minum atau makanan saat hari-hari libur saja. Kalau hari biasa sepi tapi memang bagus nich pantai cuman ombaknya agak ganas jadi berhati-hatilah jika ingin berenang di Bajulmati. Sambil menunggu daerah pantai dingin kita pun berfoto-foto. Dekat muara..





Setelah sudah agak dinginan lansung lanjut ke pantai…..










Lanjut ke jembatan gantung masuk Bajulmati yang mempunyai desain modern yaitu mono Phylon (satu lengkung penahan jembatan). pertanyaan nya kenapa ada jembatan dengan desain se modern ini di daerah yang terpecil? Jembatan Bajulmati sepanjang 90 meter yang konon menelan dana sebesar 35,72 milyar tersebut ditujukan untuk mendukung pengembangan Jaringan Jalan Nasional paling selatan Pulau Jawa, katanya sih guna mengembangkan daerah selatan, memperlancar transportasi, mengurangi beban lalu lintas bagian utara dan tengah serta untuk mendukung obyek pariwisata pantai dan perikanan. tapi kok sampai sekarang JLS (Jalan Lintas Selatan Pacitan – Trenggalek) ini mangkrak yang katanya target selesainya 2009 sampai sekarang jalan ini hanya berakhir di pantai Bajulmati.






Setelah berfoto di jembatan. sebenarnya ingin menyusuri jalan aspal bagus ke barat menuju pantai Wonogoro sekitar 10km dari Bajulmati tapi apa kata hari pun sudah senja. Sekitar jm6 kurang kita balik sebelum balik ke sby kita makan dulu di warung ayam goreng di daerah Turen sampai sby sekitar jm 11kurang. perjalanan yang rame dan menyenangkan. Tunggu tour pantai selatan Malang selanjutnya. Salam Wildife!